Home » » Peringatan Kematian Seorang Sosok Pejuang HAM, Terlupakan..!!!

Peringatan Kematian Seorang Sosok Pejuang HAM, Terlupakan..!!!

Written By Unknown on Jumat, 07 September 2012 | 05.26


Pada tanggal 07 september 2004 adalah hai dimana meninggalnya seorang tokoh pejuang dan pembela kaum tertindas, seorang sosok pemberani yang rela mengorbankan nyawanya untuk kepentingan masyarakat banyak. Ia bernama lengkap Munir Said Thalib, SH. Lahir di malang 8 Desember 1965. Ia adalah seorang aktivis islam yang menjunjung tinggi toleransi dan nilai-nilai kemanusiaan.
Seorang aktivis organisasi juga yang pernah menjabat di HMI universitas Brawijaya, Malang. Sungguh merupakan sosok yang perlu ditiru dan dijadikan referensi sebagai ruh perjuangan dan arah langkah pedoman kader HMI saat ini. Namun yang terjadi saat ini ternyata menyedihkan, sosok beliau terlupakan.
Hari ini 07 september 2012, tepat 8 tahun dari hari kematiannya. Dari kebanyakan kader HMI yang ditemui terutama kader HMI yang ada di sekitar kabupaten Bandung tidak mengetahui hari peringatan tersebut. Apakah memang sosok seperti Munir itu tak pantas untuk dikenang?
Ada beberapa kader yang mengharapkan agar hari ulang tahun kematian Munir ini diperingati. Salah satunya Mukti, kader HMI kom Ushuludin mengatakan “Munir adalah seorang tokoh besar, hari kematiannya perlu untuk diperingati salahsatunya dengan melakukan seminar atau haul yang tentunya bisa bermanfaat buat kita”
Burhan, kader HMI komisariat Dakwah dan Komunikasi juga mengatakan perlu untuk dilakukan peringatan, “kalau bisa kita melakukan aksi moral untuk memperingati hari kematian Munir, sehingga di ekspose oleh media sehingga ada kesadaran untuk kembali menyeleseikan kasus yang belum selesei itu”
Berbeda dengan ungkapan dari Asep Ridwan, ketua umum HMI komisariat Adab dan Humaniora “Seharusnya jangan hanya melakukan peringatan secara ceremonial saja namun harus ada aksi nyata yang dilakukan terutama kasus pembunuhannya itu yang harus segera diseleseikan” “dia  adalah tokoh besar dan buat para kader HMI jangan melupakan tokoh pemberani seperti dia” tambahnya.
Sayangnya di HMI cabang kabupaten Bandung sendiri dari tadi pagi tak ada tanda-tanda persiapan untuk melakukan peringatan tersebut. Hal ini sangat disayangkan dan kebanyakan kader yang ada bahkan tidak mengetahui bahwa hari ini 07 september 2012 adalah hari bersejarah yang seharusnya tak boleh terlupakan.
Zam-zam selaku Ketua Komisariat persiapan Psikologi, menyayangkan hal ini “seharusnya ada publikasi dari tingkatan atasnya agar kegiatan tersebut bisa dilaksanakan” ujar dia kepada Lapmi // as.kos, fjr, yanz. red
Share this article :

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. LAPMI CAKABA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger